PERAN MEDIASI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM MAKASSAR TRADE CENTER KAREBOSI

Authors

  • Wahyu Wahyu Universitas Nasional
  • Rahayu Lestari Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v4i3.1132

Keywords:

UMKM, Marketing Performance, Entrepreneurial Orientation, Product Innovation, Market Orientation

Abstract

This study aimed to examine the mediating role of entrepreneurial orientation on market orientation and product innovation on marketing performance. The population of this research is 200 MSME electronic shops in Makassar Trade Center. The sampling technique in this study used purposive sampling, the number of samples used was 150 people. The analytical tool used is the Structural Equation Model (SEM) through AMOS Version 22 software. The results show that there is an influence between market orientation on entrepreneurial orientation, product innovation on entrepreneurial orientation, market orientation on marketing performance, and product innovation on marketing performance. While Entrepreneurial Orientation can mediate market orientation on marketing performance and Entrepreneurial Orientation can mediate product innovation on marketing performance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, D. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Kota Makasar. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(1), 95-111. https://doi.org/10.24252/minds.v5il.4991

Adijati, Utamaningsih. 2016. "Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Kreativitas Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara." Media Ekonomi dan Manajemen 13 (2). Accessed Oktober 23, 2021. doi: http://dx.doi.org/10.24856/mem. v31i2.411.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asashi, T., & Sukaatmadja, I.P.G. (2017). Peran Inovasi dalam memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. 6(4), 1816-1845.

Dhewanto, Wawan et al. (2015) Manajemen Inovasi Untuk Usaha Kecil dan Mikro. Bandung: Alfabeta

Fatmawati, R. A., Pradhanawati A., and Ngatno, N. (2016). "Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran Pada Warung Kucingan/Angkringan Di Kota Semarang," Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 5, no. 3, pp. 351-362, Apr. 2016. https://doi.org/10.14710/jiab.2016.12526

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: SemarangUlman, 2006

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII.Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Joseph E, Jr et al. (2014). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeeling {PLS-SEM). SAGE Publications,Inc. California. USA.

Kuswanti dan Dorojatun Prihandono (2017). Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Kenggulan Bersain. Manajemen Analisys Journal. 6 (3)

Lestari, D. A (2020). Pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR), Modal Sendiri, Lama Usaha dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan UMKM di Kabupaten Tegal. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Pertiwi, Y.D., & Siswoyo, B.B. (2016). Pengaruh orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kripik Buah di Kota Batu. Syariah Paper Accounting FEB UMS 3, 231-238.

Prihatin, Y., Surya, D., & Suhendra, I. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kelompok Usaha Bersama (Kub) Gerabah Di Desa Bumi Jaya Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang ). 1(1), 81–96.

Puspitasari, R. H. U. (2015). Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perusahaan Mebel Jepara. 2002, 135–148.

Silviasih, Slamet, F., & Iskandar, D. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha pada Pemilik Ukm Sektor Manufaktur Garmen di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis , 16(1), 13–24.

Sumiati. (2015). Pengaruh Strategi Orientasi Wirausaha dan Orientasi Pasar Pengaruhnya terhadap Kinerja Perusahaan UMKM di Kota Surabaya.Jurnal

Sunyoto, D. (2015). Keunggulan Bersaing. Jakarta: PT. Buku Seru.

Taufik, M.M. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Perusahaan UKM dimediasi Keunggulan Bersaing (studi pada UKM di Smesco Indonesia). Journal Ekonomika dan Manajemen, 6(2), 139-155.

Zainal, M. Z., Supriyanto, A., & Sukrina, H. R., (2017). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing ( Studi pada UMKM Kopiah Haji di Kabupaten Hulu Sungai Tengah ) Akhmad Supriyanto ; Hipni Rahman Sukrina ; M . Zainal Abidin Program Studi Manajemen – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uni. 27–28

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

Wahyu, W., & Lestari, R. (2023). PERAN MEDIASI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM MAKASSAR TRADE CENTER KAREBOSI. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1625–1638. https://doi.org/10.55681/jige.v4i3.1132