PERENCANAAN SDM RUMAH SAKIT DALAM PEMENUHAN TENAGA KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT MEDIKA BSD

Authors

  • Agrasadya Universitas Pamulang
  • Muger Apriansyah Universitas Pamulang
  • Putri Nilam Kencana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i5.808

Keywords:

Perencanaan SDM, Sumber Daya Manusia

Abstract

Perencanaan sumber daya manusia pada intinya meliputi perkiraan, permintaan dan suplai karyawan atau tenaga di suatu organisasi. Dari uraian itu, secara terinci dapat disimpulkan bahwa kegiatan perencanaan sumber daya manusia terdiri dari 4 kegiatan yang saling berkaitan, yaitu: a. Inventarisasi persediaan sumber daya manusia Yaitu menelaah dan menilai sumber daya manusia yang ada atau tersedia saat ini tentang jumlahnya, kemampuannya, keterampilannya dan potensi pengembangannya serta menganalisis penggunaan sumber daya sekarang ini. b. Perkiraan peramalan sumber daya manusia Melakukan prediksi atau taksiran kebutuhan permintaan dan penawaran suplai sumber daya manusia di waktu yang akan datang, baik jumlah kuantitas maupun kualitasnya. c. Penyusunan rencana sumber daya manusia Memadukan kebutuhan permintaan dengan penawaran suplai sumber daya manusia, melalui rekruitmen penarikan, seleksi, pelatihan, penempatan, pemindahan, promosi dan pengembangan. d. Monitoring dan evaluasi Untuk memberikan umpan balik terhadap pencapaian tujuan sasaran perencanaan sumber daya manusia, perlu disusun perencanaan sumber daya manusia, perlu disusun rencana monitoring dan evaluasi serta indikator monitoring dan evaluasi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniawan, F., & Lubis, N. (2013). Pengaruh Relationship Marketing dan Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Astra Internasional Isuzu Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1).

Cahya, N., & Shihab, M. S. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Asus. Studi Kasus di PT. Datascrip. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 1(01), 34-46.

Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1).

Apriansyah, M., Agrasadya, A., Sunarto, A., Irawati, L., & Kencana, P. N. (2020).

PENGEMBANGAN SDM RUMAH SAKIT DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA RS. MEDIKA BSD. DEDIKASI PKM, 2(1), 61-67.

Downloads

Published

2023-05-07