DIVERSIFIKASI KACANG TANAH MENJADI SELAI DAN PERMEN Di GAMPONG BARO KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Authors

  • Juliani Universitas Serambi Mekkah
  • Ruka Yulia Universitas Serambi Mekkah
  • Tengku Mia Rahmati Universitas Serambi Mekkah
  • Irmayanti Universitas Serambi Mekkah

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i4.760

Keywords:

Peanuts, Jam, Candy, Diversification

Abstract

Salah satu komoditi hasil tani Gampong Baro adalah kacang tanah. Pemberdayaan ekonomi masyarakat dapat ditingkatkan dengan meningkatkan penjualan hasil panen. Pada saat musim panen tiba hasil panen kacang tanah sangat melimpah yang mengakibatkan penurunan harga. Oleh sebab itu diperlukan diversifikasi produk kacang tanah yang dapat disimpan lebih lama dalam bentuk selai dan permen kacang tanah. Pengabdian ini bertujuan untuk memotivasi warga untuk mengambil bagian dari usaha produksi melalui pengembangan produk pangan, memberikan infomasi dan pelatihan pengolahan pangan terutama pengolahan berbasis kacang tanah berupa selai dan permen yang bernilai lebih untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Adapun metode pelaksanaan pengabdian ini adalah dengan memberikan pelatihan pembuatan dan demo pembuatan produk selai dan permen kacang tanah secara langsung. Hasil kegiatan berupa produk selai dan permen kacang tanah, serta peserta pelatihan yang telah memiliki keterampilan dalam membuat selai dan permen kacang tanah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat A, Adiningsih ES, Setiawan P, Bidang P, Stasiun S, Satclil B, et al. Analisis Pengembangan Lahan Untuk Tanaman Kacang Tanah Dijawa Barat Dari Data Landsat Dengan Sistem Informasi Geografis. J Penginderaan Jauh Dan Pengolah Data Cilra Digit. 2004;1(1):46–50.

Marsigit W. Pengembangan diversifikasi produk pangan olahan lokal bengkulu untuk menunjang ketahanan pangan berkelanjutan. Agritech. 2010;30(4).

Kusuma TS, Kusnadi J, Winarsih S. Kombinasi Pasteurisasi, Suhu, dan Masa Simpan Terhadap Kadar Aflatoksin pada Selai Kacang Tanah. Indones J Hum Nutr. 2017;4(2):88–96.

Syahbanu I, Sastypratiwi H, Bariyah N. Diversifikasi Produk Kacang Tanah bagi Masyarakat Desa Rasau Jaya Satu Kalimantan Barat. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdi Kpd Masyarakat). 2018;2(2):59–64.

Downloads

Published

2023-04-14