PENGELOLAAN PROSES PEMBELAJARAN DENGAN GOOGLE SPREADSHEET

Authors

  • Soebyakto Universitas Pancasakti Tegal
  • Royan Hidayat Universitas Pancasakti Tegal
  • Galuh Renggani Wilis Universitas Pancasakti Tegal
  • Mustaqim Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i3.668

Keywords:

Google Form, Google Sheets, Pengelolaan Pembelajaran, Spreadsheet

Abstract

Pengelolaan dapat diartikan sama dengan proses berurusan dengan atau mengendalikan hal-hal atau orang. Pengelolaan proses pembelajaran  dapat dipandang sebagai seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan,  pengarahan, dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang  ditetapkan.Teknologi Informasi berkembang sangat pesat, hingga saat ini telah dikembangkan beragam  aplikasi untuk mendukung pelaksanaan pekerjaan manusia, agar menjadi lebih tersistem efisien dan efektif. Spreadsheet dan Google Form, spreadsheet dan appsheet jarang digunakan orang untuk  mengelola dokumen atau naskah tetapi memiliki kelebihan dalam mengolah data. Oleh karena  itu gagasan penggunaan Spreadsheet untuk mengolah data dengan output dokumen atau  laporan serta Google Form dan appsheet sebagai interface untuk input data akan  menghasilkan database individu yang sangat bermanfaat. Hal ini untuk memudahkan pekerjaan dan  menambah kreatifitas berfikirnya manusia dalam mengintegrasikan informasi teknologi dalam proses pembelajaran bidang akademik dan kompetensi administrasi perkantoran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, M. (2020). PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI TERHADAP POLA KOMUNIKASI. Jurnal Sosiologi Nusantara Vol. 6 No. 1, 45 - 53.

Johri Sabaryati, M. Isnaini, Ni Wayan Sri Darmayanti, Linda Sekar Utami. (2019). PELATIHAN SPREADSHEET UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DAN SOLUTIF BAGI SISWA SMA/MA DI KECAMATAN NARMADA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Volume 2, Nomor 2, 28 - 32.

Lestari, S. D. (2018). Implementasi Pendekatan Ilmiah pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 3 Mranggen Tahun Ajaran 2013/2014. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (hal. 309 - 317). Semarang: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.

Ngafifi, M. (2014). KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Vol. 2 No. 1, 33 - 47.

Downloads

Published

2023-03-24