PENGABDIAN KKN-PPM OPTIMALISASI POTENSI DESA BATUKAANG, KINTAMANI

Authors

  • Putu Gede Wahyu Satya Nugraha Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
  • I Gusti Ayu Ratih Permata Dewi Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i2.582

Keywords:

Devotion, Village, Optimization, Agriculture

Abstract

Desa Batukaang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Mata pencaharian utama masyarakat Desa Batukaang adalah petani. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan pertama adalah kebutuhan akan media tanam baru bagi masyarakat khususnya pada bidang pertanian/perkebunan. Kedua, masalah kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah yang belum baik. Ketiga, kebutuhan SDM untuk pembukuan di BUMDES. Keempat adalah menurunnya minat generasi muda mempelajari kebudayaan dan bahasa tradisional Bali. Kegiatan KKN-PPM ini bertujuan untuk memberikan program kerja berupa pelatihan, pendampingan, penyuluhan serta partisipasi langsung terhadap permasalahan yang ada di Desa Batukaang. Program kerja tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kebersihan lingkungan dan kelestarian budaya Bali di Desa Batukaang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI. 2013. Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi IX.

Karim, T. 2004. Panduan Kurikulum dan Pengajaran TKA/TPA. Jakarta: LPPTKA BKPRMI Pusat.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Program KKN-PPM, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dirjen DIKTI.

Republik Indonsia. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Saharuddin. (2017). Pengabdian KKN-PPM desa Wonorejo Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, Vol.1,No.1

Roidah,I.S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO, Vol. 1.No.2

Downloads

Published

2023-02-23