PENINGKATAN PENDIDIKAN MASYARAKAT DESA CIBADAK, SUKAMAKMUR CITEUREUP KAB. BOGOR MELALUI LITERASI DAN PENYEDIAAN TAMAN BACA

Authors

  • Nabil STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi
  • Hadi Winarno STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi
  • Eva Dwi Kumala Sari STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi
  • Nur Laily Fauziyah STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi
  • Wathroh Mursyidi STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi
  • Muhammad Aiz STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi
  • Alief Hafidzt Aulia STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi
  • Romansa Ananda Taqwa STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi
  • Hanifah Azzahra STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi
  • Mohamad Fikri STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi

Keywords:

Literacy, Reading Park, Education

Abstract

Literasi memiliki peranan penting dalam membentuk kemampuan berpikir kritis serta mampu meningkatkan kualitas Pendidikan dan kualitas hidup. Salah satu bentuk untuk meningkatkan Pendidikan adalah dengan adanya dukungan literasi dan penyediaan taman baca sebagai bentuk sarana belajar yang mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi dan penyediaan taman baca untuk meningkatkan Pendidikan Masyarakat sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap Masyarakat dan tokoh Masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyediaan taman baca tidak hanya sekedar meningkatkan kualitas Pendidikan dari aspek literasinya, tetapi juga berperan penting sebagai ruang sosial yang mendukung informasi dan pengetahuan. Selain itu, taman baca juga menjadi alternatif Solusi bagi Masyarakat di daerah yang memiliki keterbatasan akses terhadap sumber daya Pendidikan formal. Kesimpulannya, penyediaan taman baca terbukti efektif dalam mendorong peningkatan Pendidikan dari aspek literasi, terutama di wilayah-wilayah yang kurang terjangkau oleh fasilitas Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Literacy has an important role in shaping critical thinking skills and is able to improve the quality of education and quality of life. One form of improving education is by supporting literacy and providing reading gardens as a form of learning facilities that are easily accessible. This study aims to analyze the influence of literacy and the provision of reading parks to improve the education of the surrounding community. The method used in this study is a qualitative approach with data collection techniques through observation and interviews with the community and community leaders. The results of this study show that the provision of reading parks not only improves the quality of education from the literacy aspect, but also plays an important role as a social space that supports information and knowledge. In addition, reading parks are also an alternative solution for people in areas that have limited access to formal education resources. In conclusion, the provision of reading parks has proven to be effective in encouraging the improvement of education from the aspect of literacy, especially in areas that are less accessible by educational facilities

Downloads

Published

2024-10-22