EDUKASI TEKNOLOGI UNTUK MEMBANGUN DESA CERDAS DIGITAL DALAM MENGHADAPI HOAKS DAN MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL

Authors

  • Gina Purnama Insany Universitas Nusa Putra
  • Ivana Lucia Kharisma Universitas Nusa Putra
  • Kamdan Universitas Nusa Putra
  • Dede Sukmawan Universitas Nusa Putra
  • Siska Meyisa Amelia Serliani Universitas Nusa Putra
  • Brillian Aji Natanael Universitas Nusa Putra
  • Sandra Natasya Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i8.3275

Keywords:

Education, Technology, Digital Literation

Abstract

Teknologi sudah menjadi bagian dari setiap kegiatan sehari-hari yang dapat membantu memudahkan setiap urusan kita sebagai manusia, teknologi juga merupakan segala alat yang dicoba dan digunakan untuk mencapai efisiensi dan efektifitas setiap kegiatan yang dilakukannya. Dari masa ke masa, kemajuan teknologi yang terus berkembang mulai dari era teknologi pertanian, era teknologi industri, era teknologi informasi  dan era teknologi komunikasi dan informasi. Perkembangan ini membawa berbagai dampak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, setiap individu tertarik untuk menggunakan dan memanfaatkan perkembangan ini disamping memiliki dampak buruk juga dalam perkembangan teknologi khususnya dalam penggunaan teknologi komunikasi dan informasi. Pada program kerja KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Cimaja Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi, kami melakukan sosialisasi dengan mendatangkan langsung tenaga ahli dan mengedukasi masyarakat untuk tetap cerdas dalam menggunakan internet dan lebih waspada terhadap hoaks yang kian marak terjadi sehingga masyarakat lebih dapat memperhatikan betapa pentingnya literasi digital sebagai solusi untuk masalah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.

Danang Purwanto, Radita Ayulianti, Nida Aulia Salsa Bila, Ane Novianti, Dimas Damar Nurhadi, Evi Septiyani Sukardi, Umar Falah, Salsabila Maulani, Risma Nurhayati Gustiani, Salma Nova Ramadhina, Canda Halim Azhari, Hilmi Hidayatullah, Dede Kurdianto, Agung Nurzaman, Iqbal Amarullah Adhari, Sevira Chairunnisa, Windi Meliani, Rafly Radya, & Jiwa Akbar. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Melestarikan Budaya Tradisional Kampung Adat Cipta Rasa Di Desa Sirnarasa. Jurnal Abdi Nusa, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.52005/abdinusa.v4i1.124

Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.

Era, D. I., Meningkatkan, U., Sumber, K., Manusia, D., Desa, D. I., & Sukabumi, T. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi. 2(2), 43–48.

Downloads

Published

2024-08-06