PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEMELIHARA LINGKUNGAN DAN PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (UMKM)

Authors

  • Ery Teguh Prasetyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Nur Putri Cahyaningsih Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Adelia Vita Arzety Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dinda Adelia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Deni Firmansyah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Elisa Nabila Putri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Friska Monika Sari Siagian Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Muhammad ilham Faturrahman Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Mira Anggaina University Bhayangkara Jakarta Raya
  • Nandita Syafa Aunila University Bhayangkara Jakarta Raya
  • Nazifa Fitri University Bhayangkara Jakarta Raya
  • Salsabila Hasani University Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i7.3196

Abstract

Desa Mekarsari daerah RT 002 sebagai lokasi kegiatan KKN Kelompok 3 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, memiliki berbagai permasalahan lingkungan, yang sebenarnya perlu dibenahi dan diubah. Kami melakukan penghijauan dengan menanam pucuk merah di sekitar jalan RT 002 dan lingkungan RT 002 ini juga tidak memiliki petunjuk jalan/gang yang seharusnya ada di tiap gang. Kami sebagai perwakilan mahasiswa inisiatif untuk memberikan plang jalan di lingkungan RT 002. Dan tentunya kami juga melihat banyak UMKM yang ada disana, kami pun survey dan ingin melakukan pengembangan terhadap UMKM tersebut melalui perubahan  model Banner UMKM menjadi lebih menarik dan memberikan Banner UMKM secara gratis kepada UMKM yang ada di lingkungan RT 002. Tidak hanya itu, kami pun menyadari bahwa sampah di lingkungan RT 002 sangat banyak dan tidak berada di tempatnya dengan baik. Kami sebagai perwakilan mahasiswa bergerak untuk Kerja Bakti di sekitar jalan tersebut. Dan kami juga membersihkan mushola RT 002 agar para masyarakat dapat lebih nyaman dalam menjalankan ibadahnya. Tujuan dari program kerja yang sudah kami lakukan adalah menjadikan Desa Mekarsari khususnya RT 002 agar terciptanya lingkungan  yang bersih dan efektif.  Kami berharap warga RT 002 dapat menjaga apa yang sudah kami tanamkan disana dan menerapkannya dalam jangka waktu yang lama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, M. Z., Suhendra, H. F., & Gifari, H. S. Al. (2022). Kampanye Kebersihan Lingkungan Melalui Program Kerja Bakti di Gang Haji Hasym RT 03/RW013, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat,Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1–5.

Fahmi Al Gadri, F., Nurhasanah, M., Ahmad, S., Gustiana, A., Edwinanto, Kurniawan, & Muslih, M. (2022). Gerakan Penghijauan Dalam Rangka Menanamkan Rasa Mencintai Lingkungan Desa Margalaksana. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Putra, 2(2), 39–45.

Fauzi, H., Hendayana, Y., Rahmah, N., Febrianti, B., Rizkha, A., Noviyanti, D., Permatasari, E., Sayeti, A. B., Ramdan, M., Dannisya, M., & Cahyani, A. D. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Srimukti Kabupaten Bekasi. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 155–166. http://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/safari/article/view/722%0A

Nurul Listiyani (2023). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(April), 433–441.

Haslinah, A., Tahir, U., Al Imran, H., Asfahani, A., & Larisu, Z. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Program Lingkungan Hijau Bebas Polusi Di Kota Makassar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8906–8912. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/20062

Jumiarni, D., Eka Putri, R. Z., & Anggraini, N. (2020). Penerapan Teknologi Kompos Takakura Bagi Masyarakat Desa Tanjung Terdana Kecamatan Pondok Kubang Bengkulu Tengah Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Sadar Lingkungan. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(1), 63–70.

Putri, D. P., & Suminar, T. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Pada Desa Wisata “Kampung Kokolaka” Kelurahan Jatirejo Kota Semarang. Enggang: JurnalPendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 1–11.

Romadhoni, B. R., Akhmad, A., Khalid, I., & Muhsin, A. (2022). Pemberdayaan Umkm Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1074–1088.

Wicaksono, B. S., & Alfiyah, S. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lingkungan Di Desa Blimbing Kecamatan Besuki Situbondo. Ngarsa: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v3i1.71

Yahya, T., Satoto, S., Usman, U., & ... (2021). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup di Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci.

Downloads

Published

2024-07-21