IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DAN PEMBERDAYAAN MANAJEMEN PADA UMKM COKELAT CHOCOSAN DENGAN APLIKASI SIAPIK

Authors

  • Unika Aprilliana Universitas Cenderawasih
  • Aisyah Farrasanti Universitas Cendrawasih
  • Diva Nur Shaqinah Universitas Cendrawasih
  • Uswatun Khasanah Muis Busrah Universitas Cendrawasih

Keywords:

UMKM, Pengembangan Produk, Pemasaran Digital

Abstract

UMKM Cokelat "Chocosan" memiliki potensi besar untuk berkembang, namun terkendala oleh keterbatasan dalam manajemen, pengembangan produk, dan pemasaran. Program PKM ini bertujuan untuk memperkuat UMKM "Chocosan" melalui pemberdayaan manajemen, pengembangan produk melalui pembuatan katalog produk, dan pemasaran menggunakan pemasaran digital. Kegiatan PKM ini meliputi: a. Pemberdayaan Manajemen: Pelatihan dan pendampingan dalam pengelolaan keuangan, produksi, dan pemasaran. b. Pengembangan Produk: Pembuatan katalog produk yang menarik dan informatif. c. Pemasaran Digital: Pembuatan website, media sosial, dan platform e-commerce untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas . Diharapkan program PKM ini dapat meningkatkan daya saing UMKM"Chocosan" dan membantu mereka mencapai kesuksesan yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A., Khan, M. N., & Haider, S. (2019). Impact of digital marketing on consumer purchase intention: A study on the banking industry of Pakistan. International Journal of Business and Social Science, 10(1), 72-78. https://doi.org/10.30845/ijbss.v10n1p7

Aljawarneh, S., Alawneh, L., & Jaradat, G. (2018). The role of digital marketing in business performance with the moderating effect of environment context indicators. Journal of Business & Industrial Marketing, 33(3), 374-384. https://doi.org/10.1108/JBIM-04-2017-0094

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Wiley.

Lamberton, C., & Stephen, A. T. (2016). A thematic exploration of digital, social media, and mobile marketing: Research evolution from 2000 to 2015 and an agenda for future inquiry. Journal of Marketing, 80(6), 146-172. https://doi.org/10.1509/jm.15.0415

Kumar, V., & Gupta, S. (2016). Conceptualizing the evolution and future of advertising. Journal of Advertising, 45(3), 302-317. https://doi.org/10.1080/00913367.2016.1199335

Lamberton, C., & Stephen, A. T. (2016). A thematic exploration of digital, social media, and mobile marketing: Research evolution from 2000 to 2015 and an agenda for future inquiry. Journal of Marketing, 80(6), 146-172. https://doi.org/10.1509/jm.15.0415

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2017). Digital marketing excellence: Planning, optimizing and integrating online marketing. Routledge.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Wiley.

Downloads

Published

2024-06-17