PEMBEKALAN KEMAMPUAN AKADEMIK BAGI SANTRI MA’HAD AL-IRSYAD LIL BANAT YALA-THAILAND

Authors

  • Muhamad Ashri Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Nor Faridatunnisa Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Tawfiq Sarehmasor Miracle Languange Center, Thailand
  • Muhammad Saiful Khair Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Munirah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Liana Safitri Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Miftahur Rahmah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Linda Rofikoh Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Syifa Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Hertika Triastuti Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i6.2902

Keywords:

Pembekalan, Kemampuan Akademik, Ma’had Al-Irsyad Lil Banat

Abstract

Dewasa ini kemampuan dasar akademik bagi seorang muda-mudi sangat penting untuk dimiliki. Hal ini disebabkan karena perkembangan zaman yang sangat cepat yang menyebabkan persaingan antara satu individu dengan individu lainnya dalam bidang akademik sangatlah ketat. Namun, fakta lapangan menyebutkan bahwa tidak semua muda-mudi memiliki kemampuan tersebut. Termasuk santri-santri di Mahad Al-Irsyad lil Banat Yala-Thailand. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibentuklah tim pengabdian yang bertujuan untuk melakukan pelatihan kepada santri-santri tersebut. Dengan menerapkan metode pelatihan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengabdian tersebut memberikan dampak positif bagi santri-santri tersebut. Pasalnya kini santri tersebut telah memiliki kemampuan akademik dasar meskipun pelajaran yang diberikan terbilang singkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haris, Muhammad, Nur Ahid, and M. Ridhowan. “Pendampingan Budaya Literasi Dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Terhadap Santri Kelas 3 SMP di Asrama Al Maliki Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjarwati Banjaranyar Paciran Lamongan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari 1, no. 1 (July 2, 2022): 29–36. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i1.618.

Kamae, Abdulwahed. “Internalisasi Nilai Khidmah Siswa Dalam Full Day School di Ma’had Al-Bithat Ad-Diniyah Muang Yala Thailand.” Skripsi, IAIN Purwokerto, 2017.

Sumantri, Budi Agus. “Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.” El-Hkmah: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 13, no. 2 (2019): 146–67. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v13i2.661.

Tohmasae, Sukainah. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Ma’had Al-Bisthat Ad-Diniah Yala (Thailand).” Skripsi, IAIN Purwokerto, 2020.

Downloads

Published

2024-06-05