OPTIMALISASI PENGEMBANGAN KEMASAN DAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN BRANDING “GOM-GOM SNACK”
Keywords:
Digital Marketing, Branding, Kemasan, Keripik, Roti KeringAbstract
Pengembangan inovasi pengabdian ini bertujuan untuk memudahkan promosi, pemasaran melalui digital marketing di akun sosial media, serta meningkatkan branding atas UMKM “Gom-Gom Snack”. Usaha ini diproduksi oleh Ibu Rumah Tangga yang berlokasi di Jl. Dharma Karya II RT. 028 Kel. Kenali Asam Kec. Kotabaru, Jambi yang memproduksi aneka makanan ringan seperti keripik dan roti kering. Teknologi digital marketing sangat bermanfaat bagi UMKM karena dapat mengembangkan usaha pada lingkup yang lebih luas. Serta dengan adanya desain kemasan yang menarik dan informatif dapat menjadi nilai tambah bagi produk untuk meningkatkan daya saing terhadap produk lain. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini antara lain observasi sebagai identifikasi kebutuhan UMKM. Produksi inovasi label kemasan serta desain packing yang menarik sebagai identitas produk, pembuatan izin produk untuk meningkatkan keyakinan atas produk, serta foto produk untuk proses penjualan marketing. Sehingga dengan adanya digital marketing dan pembuatan kemasan yang menarik dapat membantu dalam meningkatkan branding produk tersebut
Downloads
References
Amanah, S. 2015. Peranan Strategi Promosi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume
Penjualan. Jurnal LENTERA 3(1): 47-55.
Ariani, Desi., B. M Dwiyanto. (2013). Analisis pengaruh SCM terhadap Kinerja perusahaan (Studi pada Industri Kecil dan Menengah Makanan Olahan Khas Padang Sumatra Barat). Diponegoro Journal of Management. Vol 2 (3). Hal :1-10
Aryanti, N.M. 2016. Fungsi Promosi Produk Pos Ekspress dalam Meningkatkan Minat
Konsumen di Kota Bandung. Skripsi Universitas Pasundan.
Larasati, B.H. 2011. Analisis Hubungan Komunikasi Pemasaran dengan Kualitas Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Studi pada UMKM mitra binaan IPB. Skripsi UT Communication and Community Development.
Sulistyowati, A. (2004). Membuat Keripik Buah & Sayur. Puspa Swara. Jakarta.
Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran Edisi II. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Utami, T.N. 2007. Sikap Mahasiswa terhadap Merk Lokal: Studi pada Mahasiswa Pemakai
Kosmetik Sariayu. Jurnal Iqtishoduna 3(1):16 halaman.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Daniela Setiani Hutajulu, Pebriana Ingepuri, Musnaini, Ade Octavia, Ida Masriani, Achmad Nur Budi Utama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.