OPTIMALISASI PENGEMBANGAN KEMASAN DAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN BRANDING “GOM-GOM SNACK”

Authors

  • Daniela Setiani Hutajulu Universitas Jambi
  • Pebriana Ingepuri Universitas Jambi
  • Musnaini Universitas Jambi
  • Ade Octavia Universitas Jambi
  • Ida Masriani Universitas Jambi
  • Achmad Nur Budi Utama Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i6.2901

Keywords:

Digital Marketing, Branding, Kemasan, Keripik, Roti Kering

Abstract

Pengembangan inovasi pengabdian ini bertujuan untuk memudahkan promosi, pemasaran melalui digital marketing di akun sosial media, serta meningkatkan branding atas UMKM “Gom-Gom Snack”. Usaha ini diproduksi oleh Ibu Rumah Tangga yang berlokasi di Jl. Dharma Karya II RT. 028 Kel. Kenali Asam Kec. Kotabaru, Jambi yang memproduksi aneka makanan ringan seperti keripik dan roti kering. Teknologi digital marketing sangat bermanfaat bagi UMKM karena dapat mengembangkan usaha pada lingkup yang lebih luas. Serta dengan adanya desain kemasan yang menarik dan informatif dapat menjadi nilai tambah bagi produk untuk meningkatkan daya saing terhadap produk lain. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini antara lain observasi sebagai identifikasi kebutuhan UMKM. Produksi inovasi label kemasan serta desain packing yang menarik sebagai identitas produk, pembuatan izin produk untuk meningkatkan keyakinan atas produk, serta foto produk untuk proses penjualan marketing. Sehingga dengan adanya digital marketing dan pembuatan kemasan yang menarik dapat membantu dalam meningkatkan branding produk tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanah, S. 2015. Peranan Strategi Promosi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume

Penjualan. Jurnal LENTERA 3(1): 47-55.

Ariani, Desi., B. M Dwiyanto. (2013). Analisis pengaruh SCM terhadap Kinerja perusahaan (Studi pada Industri Kecil dan Menengah Makanan Olahan Khas Padang Sumatra Barat). Diponegoro Journal of Management. Vol 2 (3). Hal :1-10

Aryanti, N.M. 2016. Fungsi Promosi Produk Pos Ekspress dalam Meningkatkan Minat

Konsumen di Kota Bandung. Skripsi Universitas Pasundan.

Larasati, B.H. 2011. Analisis Hubungan Komunikasi Pemasaran dengan Kualitas Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Studi pada UMKM mitra binaan IPB. Skripsi UT Communication and Community Development.

Sulistyowati, A. (2004). Membuat Keripik Buah & Sayur. Puspa Swara. Jakarta.

Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran Edisi II. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Utami, T.N. 2007. Sikap Mahasiswa terhadap Merk Lokal: Studi pada Mahasiswa Pemakai

Kosmetik Sariayu. Jurnal Iqtishoduna 3(1):16 halaman.

Downloads

Published

2024-06-05