OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DAN INOVASI DESAIN KEMASAN UNTUK PENINGKATAN BRANDING KERIPIK KEMUNAK DI DESA KEMPAS JAYA

Authors

  • Dea Rusita Universitas Jambi
  • Shinta Octora Universitas Jambi
  • Musnaini Universitas Jambi
  • Ade Octavia Universitas Jambi
  • Fitriaty Universitas Jambi
  • Idham khalik Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i6.2900

Keywords:

Social Media, Packaging Design, Branding, Kemunak Chips

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial dan inovasi desain kemasan guna meningkatkan branding produk Keripik Kemunak kelompok Tani yang berada di Desa Kempas Jaya, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Dalam era digital saat ini, pemanfaatan media sosial menjadi sangat penting bagi UMKM untuk meningkatkan jangkauan pasar dan memperkuat brand awareness. Selain itu, desain kemasan yang inovatif juga berperan signifikan dalam menarik minat konsumen dan meningkatkan daya saing produk. Metodologi penelitian yang digunakan meliputi observasi langsung, wawancara dengan pemilik UMKM, serta analisis data dari platform media sosial yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram secara signifikan meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan konsumen. Inovasi desain kemasan yang diterapkan, seperti penggunaan warna yang menarik dan informasi produk yang jelas, berhasil meningkatkan persepsi positif terhadap produk. Dengan demikian, optimalisasi media sosial dan desain kemasan yang inovatif terbukti efektif dalam meningkatkan branding dan daya saing Keripik Kemunak di pasar yang lebih luas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, A., Syafriani, S., & Viora, D. (2020). Pengembangan Usaha Ikan Nila Di Desa Merangin Kecamatan Kampar Riau. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 71. Https://Doi.Org/10.25273/Jta.V5i1.5053

Casmiwati, D., Lubis, L., Hartati, S., & Fatmawati, R. (2022). Peningkatan Pendapatan Usaha Kecil Menengah Kerupuk Ikan Melalui Inovasi Pengemasan Dan Online Marketing Di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pesisir, 11– 15. Https://Doi.Org/10.30649/Jpmp.V1i1.85

Endah Dewi Purnamasari, Anggraini, L. D., Faradillah, F., & Jinal, J. (2022). Pentingnya E Commerce Pada Pelaku Usaha Kerupuk Kemplang Lembak. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1511–1516. Https://Doi.Org/10.31849/Dinamisia.V6i6.11751

Handayani, N., & Mustika, H. (2022). Peningkatan Bisnis Umkm Kerupuk Melalui Optimalisasi Packaging Produk. Jurnal Pengabdian Kepada …, 01(02), 95–102. Https://Journal.Unisnu.Ac.Id/Khairaummah/Article/View/404%0ahttps://Journal.Unisnu.Ac.Id/Khairaummah/Article/Download/404/234

Kristianita, E. Y., Hermawati, R. A., Putri, D. A., Liawati, F., & Hayati, C. (2023). Inovasi Pemasaran Produk Olahan Pangan Pesisir Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif Pada Krupuk Ikan Jenggelek. 1(2), 52–57.

Leitzmann C. (1993). Food Quality—Definition and a Holistic View. In: Sommer H., Petersen

B., v. Wittke P. (eds) Safeguarding Food Quality. Springer, Berlin, Heidelberg. Mikkelsen, Britha. (2011). Metode Penelitian Parttisipatoris dan Upaya Pemberdayaan.

Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Das, Nimai. (2012). Agricultural & Applied Economies Association Impact of Participatory

Forestry Program on Sustainable Rural Livelihoods: Lessons From an Indian Province. Applied Economie Perspectives and Policy, 34(3): 428–45.

Pante, Bemadeth Laurely. (2013). Participatory Action Research in Disaster Preparedness and

Community Reconstruction. Philippine Sociological Review, 61(2): 428–453.

Hudayana, Bambang. (2017). Pemberdayaan Masyarakat, Bunga Rampai Antropologi Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2024-06-05