EDUKASI FAKTOR RISIKO HIPERTENSI DAN PENCEGAHANNYA PADA MASYARAKAT DI TEGAL ALUR, JAKARTA BARAT

Authors

  • Erna Veronika Universitas Esa Unggul
  • Cut Alia Keumala Muda Universitas Esa Unggul
  • Ahmad Irfandi Universitas Esa Unggul
  • Meithyra Melviana Simatupang Universitas Respati Indonesia
  • Veza Azteria Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i3.2446

Keywords:

Hypertension, Counseling, Prevention

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia. Hipertensi disebut sebagai the silent disease dimana banyak penderita tidak sadar kalau menderita hipertensi karena sering terjadi tanpa disertai dengan adanya keluhan. Salah satu penyebab utama hipertensi adalah berkaitan dengan kebiasaan dan pola hidup manusia, oleh karenanya dibutuhkan upaya pencegahan sejak dini untuk mengurangi faktor risiko yang ada. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan serta kesadaran masyarakat akan bahaya dari penyakit hipertensi sehingga masyakakat mampu untuk mencegah faktor risiko yang ada dengan mengubah perilaku mereka. Metode kegiatan ini adalah ceramah, diskusi dan tanya jawab serta pemberian kuis. Sasaran kegiatan ini adalah semua masyarakat usia produktif di RT 01 RW 08 Kayu Besar, Tegal Alur yang berjumlah 32 orang yang dilakukan pada 04 Juni 2022. Kegiatan yang  dilakukan antara lain senam sehat, pemberian edukasi, pre test, sesi diskusi dan tanya jawab, post test serta pemberian kuis berhadiah. Media edukasi yang digunakan antara lain materi menggunakan power point, video animasi dan poster. Hasil pre test menunjukkan nilai rata-rata peserta adalah 73,75 dan nilai rata-rata post test adalah 83,12 dan hasil uji bivariat menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pengetahuan peserta sebelum dilakukan penyuluhan dengan setelah dilakukan penyuluhan terkait hipertensi (p=0,012). Kegiatan edukasi ini dapat dilakukan secara rutin untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan bahaya hipertensi dan dapat mengubah perilaku dan kebiasaan masyarakat yang beresiko terhadap penyakit hipertensi 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrian, Steven Johanes. 2019. “Diagnosis Dan Tatalaksana Terbaru Pada Dewasa.” Cdk-274 46(3): 17278.http://www.cdkjournal.com/index.php/CDK/article/view/503%0Adiakses pada tanggal 28 oktober 2020.

Ayu, Delfriana et al. 2022. “Faktor - Faktor Yang Menyebabkan Hipertensi Di Kelurahan Medan Tenggara.” Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 10(2): 136–47.

Tambunan, Fitri; Fauziah et al. 2021. Buku Saku Hipertensi.

Hidayat, Ridha, and Yoana Agnesia. 2021. “Faktor Risiko Hipertensi Pada Masyarakat Di Desa Pulau Jambu Uptd Blud Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.” Jurnal Ners 5(1): 8–19.

Kemenkes.RI. 2014. “Pusdatin Hipertensi.” Infodatin (Hipertensi): 1–7. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjIzfDJsYPKAhVSA44KHUmSDasQFggZMAA&url=http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin- hipertensi.pdf&usg=AFQjCNHWLiHieCeL1Ksg4Tr_yx.

Kemenkes RI. 2013. “Pedoman Teknis Penemuan Dan Tatalaksana Hipertensi.”

Kemenkes RI. 2019. “Hipertensi Si Pembunuh Senyap.” Kementrian Kesehatan RI: 1–5. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-hipertensi-si-pembunuh-senyap.pdf.

Notoatmodjo, ‪Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.‬‬‬‬‬‬‬‬‬

Nursyafitri, Abidin, and Amir Patintingan. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penderita Hipertensidalam Menggunakan Obat Nonfarmakologi Di Wilayah Kerja Puskesmas Cempae Kota Parepare.” Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan 2(2): 230–39.

Prasetiya, Chandra Hadi. 2015. “Efektifitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keluarga Tentang Hipertensi.” Journal of Mutiara Medika 15(1): 67–74.

Pratama, Ilham Bachtiar Adi, Fildza Huwaina Fathnin, and Irwan Budiono. 2020. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES 3(1): 408–13

Downloads

Published

2024-03-07