PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI PADA SISWA SD NGEBUNG - BERAN

Authors

  • Die Bhakti Wardoyo Putro Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Aisyah Putri Rahmawati Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Lilis Maryana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Oktavia Ardiyanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Ulifah Nurfida IKIP PGRI Wates, Wates, Indonesia
  • Risang Dakah Rizkuna Universitas PGRI Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Widowati Widowati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Jupriyati SD Negeri Ngebung, Kulonprogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i2.2352

Keywords:

Permainan Engklek, Numerasi , Kampus Mengajar

Abstract

Pembelajaran numerasi bagi siswa SD terkadang menjadi pembelajaran yang dirasa sulit. Oleh karena itu, menjadi seorang guru harus mampu kreatif dalam mengajarkan pembelajaran matermatika pada siswa, misalnya melalui permainan berbasis teknologi ataupun tradisional. Permainan tradisional yang bisa digunakan sembagai media pembelajaran dalam meningkatkan numerasi siswa SD adalah permainan Engklek. Melalui permainan ini, siswa bisa belajar sambil bermain atau sebaliknya. Selain itu, sebagai bentuk pelestarian warisan budaya Indonesia serta meninkatkan motorik kasar anak. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja para mahasiswa kampus mengajar angkatan 5. Kegiatan ini mendapat resnpons positif para siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani, Sri & Ayu Rissa Atika. 2020. Permainan Engklek dalam Meningkatkan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). Volume 3, No.6, November.

Aqobah, Qory Jumrotul, dkk. 2023. Permainan Tradisional Engklek Untuk Peningkatan Motorik Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal Olahraga ReKat (Rekreasi Masyarakat). Volume 2 Issue 1, Juni 2023 (1-15) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jor/article/view/35261/15263

Supriatin, Indang, dkk. 2021. Permainan Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional “Digital Learning untuk Pembangunan Berkelanjutan Menuju Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Hlm. 19-24. https://pgsd.umk.ac.id/files/semnas-pgsd-umk-2021/19-24-indang-supriatin.pdf

Putro, Die Bhakti Wardoyo, dkk. 2022. Meningkatkan Minat Membaca Anak-Anak Berbasis Literasi Kearifan Lokal. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 05 No. 04, Juli-Agustus 2022 hal. 451-455. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i4.13777

Putro, Die Bhakti Wardoyo, dkk. 2022. Pengenalan Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Pada Anak Sd Di Ngalang-Gunungkidul. SENAPSI: Literasi dan Lokalitas Melalui Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1 No 1. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/senapsi/article/view/58/8

Putro, Die Bhakti Wardoyo, dkk. 2022. Menulis Kreatif Puisi pada Media Celengan Melalui Proses Tri-N. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2022 LP2M UST Jogja. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_LP2M_UST/article/view/562/252

Putro, Die Bhakti Wardoyo, dkk. 2023. Pelatihan Batik Jumputan Bagi Siswa SD NU Pemanahan dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 5. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, VOL. 1 NO. 6 (2023) JUNI 2023. DOI: https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i6.951

Downloads

Published

2024-03-07