UPAYA PREVENTIF PERILAKU BULLYING MELALUI PELATIHAN EMPATI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL MUTA’ALIMIN KOTA BLITAR

Authors

  • Defi Astriani Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Devia Purwaningrum Universitas Nahdlatul Ulama, Blitar, Indonesia
  • Arum Ayu Lestari Universitas Nahdaltul Ulama, Blitar, Indonesia
  • Aulia Zaneti Alfreda Universitas Nahdlatul Ulama, Blitar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i11.1729

Keywords:

Bullying, Emphaty, Prevention

Abstract

Remaja yang menjadi pelaku bullying dikarenakan kurang memiliki rasa empati terhadap orang lain. Mereka hanya berfokus pada diri mereka sendiri tanpa memperhatikan perasaan orang lain, dalam hal ini adalah orang yang menjadi korban bullying. Rasa empati ini penting dimiliki oleh para remaja pelaku bullying agar lebih mampu merasakan emosi dari orang yang menjadi korban tindakan bullying yang dilakukannya. Dengan memahami emosi dan ikut merasakan apa yang dirasakan jika ia menjadi korban bullying, diharapkan pelaku tidak lagi memiliki niat untuk melakukan tindakan bullying kepada orang lain dengan menumbuhkan empati dalam diri pelaku terhadap situasi yang dapat merugikan orang lain.

Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan rasa empati pelaku bullying remaja santri di pondok pesantren melalui pelatihan. Peserta pada pelatihan ini adalah sebanyak 24 orang. Program pelatihan empati ini diberikan dalam satu hari dengan beberapa kegiatan, yaitu: pemberian psikoedukasi tentang bullying, psikoedukasi empati, bermain peran (role play), psikoedukasi regulasi emosi dan teknik regulasi emosi dan evaluasi.Hasil program menunjukkan bahwa bahwa pelatihan empati dapat mengurangi perilaku bullying para santri di Pondok Pesantren Bustanul Muta’alimin Kota Blitar. Dapat dilihat pada penurunan perilaku bullying dan peningkatan empati melalui hasil pre-test dan post-test yang diberikan setelah dilakukannya psikoedukasi bullying dan pelatihan empati.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, N. (2019). Perilaku Bullying di Pondok Pesantren Studi Fenomenologi Bullying di Asrama Al Risalah Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Fakultas Psikologi Dan Kesehatan. Program Studi Psikologi.

Arofa, I.Z. (2017). Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang. Fakultas Psikologi.

Izzah, L. dkk. (2019). Pelatihan Empati untuk Menurunkan Perilaku Bullying pada Pelaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Intervensi Psikologi. Vol. 11. No. 2.

Jasmin, R. (2021). Penerapan Teknik Asertif untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa SMP Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Mareta, G. D. (2020). Hubungan Antara Harga Diri Dan Empati Dengan Perilaku Altruisme Pada Remaja. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

Putri, S.I. (2020). Hubungan antara Empati dengan Kecenderungan Perilaku Bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri X di Pelalawan. Skripsi. Universitas Islam Riau Pekanbaru. Fakultas Psikologi.

Pfeiffer, J.P., & Pinquart, M. (2014). Bullying in German boarding school: A pilot study.

School Psychology International, 35, 580-591.

Khafifah, A. R. (2022). Gambaran Bullying pada Remaja yang Bersekolah di Pondok Pesantren. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Fakultas Keperawatan. Program Studi Ilmu Keperawatan.

Visty, S.A. (2021). Dampak BullyingtTerhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP). Vol. 2. No. 1.

Wiasih, D.P. (2018). Studi Deskriptif Perilaku bullying di Kalangan Remaja. Skripsi.

Universitas Islam Riau Pekanbaru. Fakultas Psikologi.

Downloads

Published

2023-11-06