PENGENALAN TEKNOLOGI FREEZE DRYING UNTUK PENGEMBANGAN FORMULA PRODUK KESEHATAN MATA DI INDUSTRI KECIL OBAT TRADISIONAL

Authors

  • Arifah Sri Wahyuni Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Riza Maulana Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Asti Arum Sari Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Devana Inaja Arifin Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Annisa Nur Lathifah Amanda Putri Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Agita Dyah Ayu Kusumaningtyas Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Shinta Putri Aryanti Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Aria Wirabima Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i7.1235

Keywords:

Wortel, Freeze Drying IKOT, Herbal

Abstract

Saat ini banyak produk herbal atau obat tradisional yang sudah memanfaatkan wortel sebagai agen produk kesehatan mata, sehingga diperlukan inovasi untuk pengembangan produkherbal yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Kegiatan ini diarahkan untuk mendampingi IKOT dalam berinovasi mengembangkan produknya. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah diperoleh ekstrak dengan organoleptis yang menarik dan dapat diformulasikan menjadi obat herbal yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan Kesehatan mata di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pertiwi MS, Sanubari TPE, Putra KP. Gambaran Perilaku Penggunaan Gawai Dan Kesehatan Mata Pada Anak Usia 10-12 Tahun. J Keperawatan Muhammadiyah. 2018;3(1):28–34.

Bawelle CFN, Lintong F, Rumampuk J. Hubungan penggunaan smartphone dengan fungsi penglihatan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado angkatan 2016. J e-Biomedik. 2016;4(2):0–5.

Ariaty Y, Hengky H., Afrianty. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Miopia Pada Siswa/I Sd Katolik Kota Parepare. J Ilm Mns Dan Kesehat. 2019;2(3):377–87.

Lidyawati R, Dwijayanti F, Yuwita N, Pradigdo SF. MENTEL (Permen Wortel) sebagai Solusi Penambah Vitamin A. Universitas Diponogoro.. J Ilm Mkhasiswa. 2013;Vol 3 No.(1):11–4.

Adelina R, Mustafa A, Noorhamdani. Perebusan dan penumisan menurunkan kandungan beta karoten dalam wortel. J Gizi dan Diet Indones. 2013;1(3):164–8.

Hariyadi P. Freeze Drying Technology :for Better Quality & Flavor of Dried Products. Foodreview Indones. 2013;VIII(2):52–7.

Banurea IR, Sasmitaloka KS, Sukasih E, Widowati S. Karakterisasi Nasi Instan yang Diproduksi dengan Metode Freeze Drying. War Ind Has Pertan. 2020;37(2):133.

Downloads

Published

2023-07-15