PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN BRANDING PRODUK PADA MAHASISWA

Authors

  • Ninik Sudarwati STKIP PGRI Jombang
  • Chalimah STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i7.1223

Keywords:

Pelatihan, kewirausahaan, Branding, Produk

Abstract

Kegiatan pelatihan branding dilaksanakan di kampus STKIP PGRI Jombang. Kegiatan ini berupa pelatihan secara langsung bagi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi pada matakuliah praktek kewirausahaan untuk memasarkan produk sendiri dan memasarkan produk UMKM di Jombang. Kegiatan pelatihan berbagai materi pemasaran produk aspek-aspek desain kemasan produk, cara memasarkan produk secara langsung dan dan memasarkan produk dalam market place. Tahapan awal kegiatan dengan menggali kendala dan usaha mahasiswa dan UMKM yang telah dilakukan, proses sosialisasi pada mahasiswa yanag berminat dan peserta UMKM yang berminat mengikuti pelatihan, dilakukan pelatihan berupa teori dan praktik, dilanjutkan melakukan pendampingan branding produk dalam media social. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, beberapa produk telah meningkat branding dan adanya kreatifitas desain fotografi desain produk dalam penjualan  secara daring. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini mendapatkan respon positif dari mahasiswa dan UMKM sebagai mitra produk yang dipasarkan oleh mahasiwa, dilihat dari besarnya antusias dan dukungan yang diberikan selama kegiatan. Hasil dari kegiatan ini diharapkan mampu mendorong tingkat perekonomian dan terbentuk wirausaha baru yang kreatif bagi mahasiswa STKIP PGRI Jombang sebagai waga Kabupaten Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Catur, S. (2017). BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 6 MUARO JAMBI SKRIPSI Diajukan Oleh : CATUR SETIARINI A1A113009 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI. 10.

Febriani. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image pada Media Sosial Twitter @Pekanbaru. 02, 1–23.

Hidayat, D., Hafiar, H., Anisti, A., & Suhartini, T. (2019). Tofu Product Branding for Culinary Tourism of Sumedang, Indonesia. Komunikator, 11(2). https://doi.org/10.18196/jkm.112022

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649

Megawaty, S. (2017). Pembangungan Brand Image Kota Bandung.

Nastain, M. (2017). Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6351

Putra, Y., Santoso, P. Y., & Adhypoetro, R. R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 11–21. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/cyberpr/article/view/1415

Supriyadi, Fristin, Y., & K.N, G. I. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 135–144. https://media.neliti.com/media/publications/75449-ID-pengaruh-kualitas-produk-dan-brand-image.pdf

Susanti E. and Oskar, D. P. (2018). Strategi Branding Dalam Membangun Ekuitas Merek UMKM (Studi Kasus: Pusat Oleh - Oleh Kota Padang). Ikraith Ekonomika, 1(2), 116–130.

Downloads

Published

2023-07-15