EDUKASI BAHAYA ANEMIA DAN PENGGUNAAN TABLET TAMBAH DARAH (Fe) PADA SISWI DI SMP NEGERI 5 KENDARI

Authors

  • Asriullah Jabbar Fakultas Farmasi Universitas Halu oleo
  • Nur Illiyyin Akib Universitas Halu Oleo
  • Parawansah Universitas Halu Oleo
  • Elvantri Yani Universitas Halu Oleo
  • Fadilah Universitas Halu Oleo
  • Irmawati Universitas Halu Oleo
  • Ritha Hastria Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Yentri Putia Ningtiyas Darmin Universitas Halu Oleo
  • Mubarak Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i6.1046

Keywords:

Edukasi, Anemia, Remaja putri, Kendari

Abstract

Anemia merupakan kondisi tubuh ketika jumlah sel darah merah (kadar hemoglobin) berada di bawah normal. Data prevalensi anemia pada remaja putri masih tinggi di kendari, untuk itu perlu penanganan agar masalah ini dapat teratasi. Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu pemberian edukasi lewat kegiatan pengabdian masyarakat. Tujuan Kegiatan ini untuk memberikan Edukasi tentang Bahaya Anemia dan Penggunaan Tablet Penambah Darah pada Siswi SMP Negeri 5 Kendari. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pemutaran video edukasi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan oleh tim pengabdian Fakultas Farmasi, Fakultas kedokteran Universitas Halu Oleo serta melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Angkatan IX dan Puskesmas Poasia Kota Kendari dengan sasaran sebanyak 75 siswi. Hasil kegiatan ini siswi mendapatkan informasi tentang definisi, penyebab, cara mengatasi anemia, dan cara penggunaan tablet tambah darah dengan benar. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu siswi terpapar informasi tentang bahaya anemia dan penggunaan tablet penambah darah yang benar dan diharapkan dapat menolong dirinya sendiri sebelum ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Ainaya, N. A., Apriningsih, Wahyuningtyas, W., & Makkiyah, F. A. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Remaja Putri dalam Mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) di Desa Sirnagalih, Kabupaten Bogor. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 13(2), 365–371.

. Amin, N. A. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Mengkonsumsi Tablet Fe Dengan Kadar Hb Dan Prestasi Belajar Pada Siswi Di Sma Idhata Kendari. Indonesian Journal of Health and Medical, 1(2), 1–9. http://rcipublisher.org/ijohm/index.php/ijohm/article/view/60

. Lismiana, H., & Indarjo, S. (2021). Pengetahuan dan persepsi remaja putri terhadap kepatuhan konsumsi tablet tambah darah. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 1(1), 22–30.

. Rianti, Farmawati, S. (2022). Tingkat Pengetahuan, Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah dan Asupan Zat Besi (Fe) dengan Status Anemia pada Remaja Putri di SMKN 1 Molawe Kecamatan Molawe Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Gizi Ilmiah, 9(2).

. Suandika, M., Cahyaningrum, E. D., Ru-Tang, W., Muti, R. T., Triliani, Y., & Astuti, D. (2023). Description of the Knowledge Level of Adolescent Women About Anemia. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7733–7740.

. Tenggara, D. P. S. (2019). Laporan Kinerja Bidang Kesehatan Masyarakat dinas kesehatan Sulawesi Tenggara Tahun 2019. Laporan Kinerja Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara Tahun 2019.

. Triwinarni, C., Hartini, T. N. S., & Susilo, J. (2017). Hubungan Status Gizi dengan Kejadian Anemia Gizi Besi (AGB) pada Siswi SMA di Kecamatan Pakem. Jurnal Nutrisia, 19(1), 61–67. https://doi.org/10.29238/jnutri.v19i1.49

. Waelan, I., Devi, S. E. H. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Status Gizi Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri SMAN 8 KENDARI Tahun 2020. Jurnal Gizi Dan Kesehatan Indonesia, 1(3), 114–120. https://doi.org/10.47859/jmu.v5i2.156

. Yenny Aulya, Jenny Anna Siauta, Y. N. (2022). Analisis Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 4 (Anemia Pada Remaja Putri), 1377–1386. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP.

Downloads

Published

2023-06-15