ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENULIS KATA BAKU DAN TIDAK BAKU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.55681/memace.v1i2.947Keywords:
Menulis, Kata Baku, Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan dari studi pendahuluan ini untuk mengetahui seberapa besar pemahahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menulis kata Baku dan tidak Baku kelas VII Smp Negeri 21 Mataram di kecamatan Sekarbele Kota Mataram. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Teknik analisis Kualitatif secara deskriptif. Penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan pengambilan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Dan hasil observasi menunjukan bahwa terdapat 3 siswa yang kategori cukup dan 2 siswa yang kategori kurang mampu membedakan kata baku da tidak baku. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa 1 siswa yang tingkat pemahaman siswa tergolong masih sangat kurang
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013: Sebuah Kajian dalam Mata Diklat Penerapan Kurikulum 2013.
Chaer, Abdul. 2010. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasbullah. 2011. Dasjar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grmafindo Persada.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. 2017. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Pelangi Aksara.
Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-23. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 MEMACE: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Asing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.