ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM VIDEO YOUTUBE HAMADA STORY
DOI:
https://doi.org/10.55681/memace.v1i2.912Keywords:
Alih kode, Campur kode, Video youtubeAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi alih kode dan campur kode yang terdapat dalam konten video Hamada Story. Berdasarkan penelitian terhadap salah satu video pada kanal Youtube Hamada Story, ditemukan peristiwa alih kode dan campur kode yang melibatkan penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Alih kode yang ditemukan merupakan alih kode ekstern. Campur kode yang diperoleh adalah campur kode kata, frasa, dan kalimat. Data alih kode dan campur kode yang diperoleh berjumlah 23 data, yakni 6 data alih kode ekstern, sedangkan campur kode terdiri atas 9 data pada campur kode kata, 7 data pada campur kode frasa, dan 1 data pada campur kode kalimat.
Downloads
References
Chaer, Abdul & Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Kridalaksana, H. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Radja Grafindo Persada.
Malabar, S. (2015). Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing.
Ohoiwutun, Paul. 2002. Sosiolinguistik: Memahami Bahasa dalam Konteks Masyarakat dan Kebudayaan. Jakarta: Kesain Blanc.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Suwito. 1995. Sosiolinguistik: Pengantar Awal, Teori dan Problema. Surakarta: Henary Offset.
Umifa, B. A. D., Indarti, T., & Raharjo, R. (2022). ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM VIDEO YOUTUBE MAUDY AYUNDA. Jurnal Komunitas Bahasa, 10(2), 52-54.
https://doi.org/10.36294/jkb.v10i2.2890
Wardani, A. K., & Suwandi, S. Peristiwa Alih Kode dan Campur Kode dalam Video Youtube Leonardo Edwin (Suatu Kajian Sosiolinguistik). Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 16(4), 346-349.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 MEMACE: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Asing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.