PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.55681/memace.v1i1.644Keywords:
Problematika, Pembelajaran, Bahasa IndonesiaAbstract
Dalam proses belajar mengajar setiap guru memiliki problematika tertentu yang menjadi penghambat dalam pembelajaran di kelas. Terutama dalam pembelajaran bahasa Indonesia, guru mengalami beberapa masalah dalam pengembangan bahan ajar, seperti: ketidaksesuaian buku panduan, materi pembelajaran, dan media pembelajaran dengan buku teks siswa dan kondisi di kelas. Sedangkan problematika guru dalam metode pembelajaran, seperti: ketidaksesuaian metode dengan kondisi di kelas, dan penggunaan satu metode pembelajaran yang sering terjadi disetiap sekolah. Problematika tersebut menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya hambatan dalam proses belajar mengajar khusunya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan problematika yang dialami oleh guru dan siswa di sekolah dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 MEMACE: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Asing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.