ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA IKLAN “HISTORY OF TOLAK ANGIN” DALAM BAHASA DAERAH JAWA

Authors

  • Dewi Trisnianti Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Bagus Wahyu Setyawan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/memace.v1i3.1120

Keywords:

Tindak tutur, Ilokusi, iklan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak tutur ilokusi yang digunakan dalam iklan "History of Tolak Angin" dalam bahasa daerah Jawa. Tindak tutur ilokusi merujuk pada tujuan atau maksud yang ingin dicapai oleh pembicara melalui pernyataan atau ucapan tertentu. Dalam konteks ini, peneliti tertarik untuk memahami tujuan komunikatif dan fungsi bahasa yang terkandung dalam iklan tersebut.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskripsi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa transkrip video "History of Tolak Angin" dalam bahasa daerah Jawa. Data dianalisis dengan mengidentifikasi tindak tutur ilokusi yang terkandung dalam iklan dan mengkategorikannya berdasarkan jenis tindak tutur ilokusi menurut Searle.

Hasil penelitian memiliki implikasi penting dalam memahami komunikasi dalam bahasa daerah Jawa dan memperkaya pengetahuan tentang kebudayaan dan sejarah obat tradisional Indonesia. Dengan memahami tindak tutur ilokusi dalam konteks budaya dan bahasa yang spesifik, kita dapat mengapresiasi kekayaan linguistik dan keberagaman budaya yang ada di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Deviana, Lasmini, ‘Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Televisi’, KomunikA, 17.1 (2021) <https://doi.org/10.32734/komunika.v17i1.6810>

Dkk, Mutmainnah Widiyah, ‘Tindak Tutur Pada Iklan Produk Kecantikan Di Televisi Swasta’, Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4.2 (2020), 269–77 <http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/lingua/article/view/4263>

Lesmana, Adi Seno, ‘ANALISIS PENGARUH IKLAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN REPUTASI TERHADAP MINAT BELI HANDPHONE PADA SITUS LAYANAN IKLAN BARIS ONLINE (Studi Pada Tokobagus.Com)’, Applied Microbiology and Biotechnology, 85.1 (2014), 2071–79

Sagita, Veranita Ragil, and Teguh Setiawan, ‘Bentuk Dan Jenis Tindak Tutur Ilokusi Ridwan Kamil Dalam Talkshow Insight Di CNN Indonesia’, Veranita Ragil Sagita Teguh Setiawan, 2018, 43–53

Strauss, Anslem, and Juliet Corbin, ‘Teknologi, Badan Pengkajian Dan Penerapan’, Pengolahan Air Limbah Domestik Individual Atau Semi Komunal, 2007, 189–232

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Trisnianti, D., & Setyawan, B. W. (2023). ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA IKLAN “HISTORY OF TOLAK ANGIN” DALAM BAHASA DAERAH JAWA. MEMACE: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, Dan Asing, 1(3), 85–90. https://doi.org/10.55681/memace.v1i3.1120